Nama Anak Terpanjang Indonesia Ada di Tuban, Akta Lahir Tak Bisa Diproses karena Kolom Tak Cukup

Ihya Ulumuddin
Arif Akbar bermain dengan anak keduanya yang punya nama terpanjang di Indonesia. (Foto: SINDOnews/ashadi ik)

Dirjen Kemendagri Turun Tangan 

Polemik nama terpanjang di Tuban Jawa Timur ini pun mengundang perhatian Dirjen Dukcapil Kemendagri Sudan Arif Fakrullah. Zudan bahkan datang langsung menemui bocah dan orang tuanya di Tuban Jawa Timur untuk memberikan klarifikasi sekaligus solusi.  Hasilnya, sang ayah mengalah, mau menyederhanakan 19 kata pada anaknya tinggal menjadi lima kata dan satu huruf, yakni R - Akbar Zudan Cordosega Sura Talenta.

Sebab, regulasi tentang pembuatan akte kelahiran atau database kependudukan memang tidak bisa diubah.  Akhirnya, penantian panjang atas akta lahir pun terobati, sang anak mendapatkan akte kelahiran, meski tidak mencantumkan 19 kata dalam nama tersebut. Namun, nama itu tetap ada sebagai nama adat sebagaimana doa dan harapan keluarganya. 

Artikel ini telah tayang di jatim.inews.id dengan judul " Nama Anak Terpanjang di Tuban Jawa Timur, Akta Tak Bisa Diproses karena Kolom Tak Cukup  ", Klik untuk baca: https://jatim.inews.id/berita/nama-anak-terpanjang-di-tuban-jawa-timur-akta-tak-bisa-diproses-karena-kolom-tak-cukup/all.
 



Editor : Arif Handono

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network