Rentetan Gempa Bumi di Barat Pulau Bawean, Terasa hingga Jakarta

Edi Purwanto
Titik gempa bumi yang terjadi di sebelah barat Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jumat (22/3/2024). Foto:@DaryonoBMKG

MADIUN, iNewsMadiun.id -- Gempa bumi magnitudo 6,5 mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Jumat (22/3/2024) sekitar pukul 15.52 WIB. Getarannya yang kuat bahkan terasa hingga ke Jakarta, menimbulkan kekhawatiran di sejumlah wilayah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa ini terjadi pada kedalaman sekitar 10 kilometer dengan episentrum terletak di 5.76 Lintang Selatan dan 112.33 Bujur Timur. Meskipun BMKG menegaskan bahwa informasi ini disampaikan dengan kecepatan untuk memberikan peringatan dini, dampak pastinya masih belum dapat dipastikan.

Sebelumnya, pada hari yang sama sekitar pukul 11.22 WIB, Tuban juga diguncang oleh gempa dengan kekuatan M6,1, menambah ketegangan di daerah tersebut.

Meskipun kekuatan gempa ini cukup besar, BMKG mengonfirmasi bahwa tidak ada potensi tsunami yang diakibatkan oleh gempa tersebut. Namun, masyarakat di sekitar wilayah yang terdampak diminta untuk tetap waspada dan siaga menghadapi kemungkinan gempa susulan.

Detail lebih lanjut mengenai kerusakan atau dampak lebih lanjut dari gempa ini masih dalam proses evaluasi dan pemantauan oleh pihak berwenang. "Gempa M6,5 ini dirasakan di P. Bawean dengan intensitas V-VI MMI, Blora, Madura, Gresik, Surabaya, Kab. Banjar dengan skala intensitas III-IV MMI, Mojokerto, Banjar Baru, Sampit, Banjarmasi, Martapura, Balikpapan, Malang, Lumajang, Madiun, Nganjuk,, Jepara, Rembang II-III MMI," tulis Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, BMKG, Dr Daryono dikutip dari akun media sosial X@DaryonoBMKG.

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network