Kisah Sukses Elsa Alumni UGM Usaha Toko Kelontong: Awalnya Nangis, Kini Omzet Rp380 Juta per Bulan

Suparjo Ramalan
Granita Elsara, alumni UGM usaha toko kelontong, awalnya sempat nangis, kini omzet Rp380 juta per bulan. (Foto: https://www.ugm.ac.id/)

Dia mengaku, awalnya tidak memiliki modal finansial sama sekali. Modalnya kala itu hanya kemauan untuk memulai usaha. Namun dengan kemauan tersebut, dia mendapatkan pinjaman sebesar Rp32 juta dari orang tuannya untuk belanja produk dan perlengkapan toko. 

 

Elsa membuka toko kelontong yang dinamai sesuai nama ibunya, yakni Warung Bu Woro di garasi rumahnya di Kaliurang Barat, Hargobinangung, Pakem, Sleman.

Menurutnya, minggu-minggu awal menjalankan usaha toko kelontong merupakan waktu yang sulit karena tidak sesuai ekspektasinya.

Meski pada awalnya para tetangga mendukung Elsa dengan membeli dagangannya, tapi itu hanya berlangsung 1-2 hari. Setelah itu, pendapatannya turun, sehingga membuatnya sedih. 

"Sempat nangis karena ngerasa sudah tidak bisa memutar barang lagi, penjualan stagnan dengan omzet Rp300.000-400.000 per harinya. Bingung gimana cara balikin modal ke orang tua,” ujar perempuan 27 tahun itu.

Namun dia sadar dan segera bangkit. Elsa mencari solusi dari masalah yang dihadapinya.

Dia mulai melakukan diversifikasi barang dan menambah jumlah barang per item, sehingga konsumen memiliki lebih banyak pilihan yang beragam.

Dari hanya menjual barang kebutuhan pokok, Elsa menambah produk tersier. 

Usahanya menunjukkan hasil yang signifikan saat masa liburan akhir tahun pada Desember 2017.

Saat itu, kunjungan wisatawan di Kaliurang meningkat, sehingga memberi dampak positif pada omzet usaha toko kelontongnya. 

Editor : Arif Handono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network