5. Pilih Alat untuk Menjadwalkan dan Mengotomatiskan Postingan
Tetap aktif dan eksis di media sosial membutuhkan waktu dan dedikasi. Tetapi ada banyak alat otomatisasi yang tersedia bagi pembuat konten untuk secara otomatis menerbitkan dan menjadwalkan postingan hingga satu bulan sebelumnya.
Alat-alat ini, yang meliputi Hootsuite, Sprout Social, Buffer, MeetEdgar, dan BuzzSumo, dapat menghemat waktu Anda dengan memungkinkan Anda merencanakan dan menjadwalkan sejumlah postingan sekaligus.
Selain itu, juga memudahkan memantau jaringan Anda dan menanggapi pesan dengan cepat.
6. Libatkan Audiens secara Aktif dengan Cara Relevan
Meskipun konten sangat penting di media sosial, tidak cukup hanya mem-posting konten, Anda harus membuat konten yang menarik dan menghibur untuk terhubung dan mendorong keterlibatan mereka.
Dengan begitu Anda dapat membina hubungan yang ingin Anda bangun dan mendapatkan kepercayaan dari audiens Anda.
Ada banyak cara Anda dapat terlibat dengan audiesn Anda, seperti mengomentari postingan, berpartisipasi dalam obrolan, bagikan informasi yang relevan, tanya dan jawab pertanyaan, posting jajak pendapat dan tidak lanjuti hasilnya, mengatasi keluhan dan kritik, tunjukkan apresiasi kepada pelanggan.
7. Minimalkan Waktu untuk Promosi
Meskipun praktik penjualan di media sosial untuk meningkatkan penjualan menjadi semakin populer di kalangan sales dan pemasar, proses penggunaan media sosial untuk mendorong pertumbuhan berbeda dari yang biasa dilakukan kebanyakan orang.
Daripada menggunakan media sosial sebagai platform promosi aktif, yang terbaik adalah menggunakannya sebagai alat untuk komunikasi dan keterikatan.
Bahkan, disarankan agar bisnis mengikuti aturan 80/20 (20 persen aktivitas Anda akan menghasilkan 80 persen dari keuntungan) dan menjaga konten promosi mereka hingga 20 persen.
Bagian terbesar dari konten harus didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan audiens Anda.
8. Pertahankan Kehadiran Merek yang Konstan
Dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk menumbuhkan kehadiran merek yang konstan di media sosial.
Sangat penting bahwa setiap postingan sejalan dengan merek dan citra Anda. Ini bisa menjadi sulit jika Anda memiliki banyak orang yang ditugaskan mengelola media sosial karena setiap orang akan membawa kepribadian mereka sendiri ke dalam postingan mereka.
Untuk alasan ini, yang terbaik adalah membatasi jumlah orang yang bertanggung jawab untuk mem-posting.
Selain itu, pastikan semua orang tahu citra yang ingin Anda tampilkan.
Editor : Arif Handono
Artikel Terkait