get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Gubernur Ridwan Kamil Unggah Status Pilu dan Foto Sholat Gaib di Tepi Sungai Aeree, Bamsoet Nangis

Sabtu, 04 Juni 2022 | 07:35 WIB
header img
Unggahan foto Ridwan Kamil saat sholat gaib di tepi Sungai Aaree (frame kiri). Ridwan Kamil, Atalia Praratya, dan Cammilia Laetitia Azzahra, adik Eril di titik lokasi Emmeril hanyut. (FOTO: tangkapan layar Instagram)

BANDUNG, iNewsMadiun.id - Setelah kembali ke Kota Bandung, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengunggah sebuah video dan slide foto aktivitas terakhirnya di Kota Bern, Swiss di akun Instagram, @ridwankamil. Dalam foto, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, memperlihatkan dia menjadi imam sholat gaib untuk putranya, Emmeril Kahn Mumtadz. Di belakang Kang Emil, turut sejumlah orang menjadi makmum sholat gaib tersebut. Tampak Elpi Namuzzaman, adik kandung Ridwan Kamil dalam barisan makmum.

Mereka terlihat khusuk. Meski cuaca terlihat cerah, tetapi Kang Emil dan makmum sholat gaib semua mengenakan jaket tebal. Kang Emil tampak mengenakan jaket, syal biru, dan sepatu putih, celana panjang dan kopiah hitam. Seusai sholat gaib, Kang Emil mengumandangkan azan di tepi Sungai Aaree. Kang Emil mengarahkan suaranya ke arah kanan dan kiri sungai yang berair jernih tersebut. 

Sedangkan dalam video tampak, Kang Emil, istri Atalia Praratya, dan Cammilia Laetitia Azzahra, melihat air Sungai Aaree yang menghanyutkan Emmeril atau akrab disapa Emmeril pada Kamis (26/5/2022). Di lokasi hanyutnya Eril itu, Kang Emil meletakan sebuah karangan bunga yang diikatkan di sebuah pohon. Di antara rangkaian bunga, terdapat secarik kertas seukuran kartu name tag.

Di kartu itu tertulis kalimat, "In loving memory of Emmeril Kahn Mumtadz".  Di bawah nama Eril, tertulis tempat dan tanggal lahir, Bandung 25 Juli 199. Sedangkan di sisi kanannya, tertulis passed (meninggal) 26 May 2022 Bern. Selain video dan slide foto, Kang Emil juga menuliskan status menyentuh dalam unggahannya itu. Berikut status Kang Emil di Instagram:

"Sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu. Sudah kukumandangkan adzan terbaikku dihadapanmu.. Bahagiakan dia dalam keindahanmu. Selimuti dia dalam kehangatanmu. Lindungi dia dalam kemegahanmu.

Sucikan dia dalam kejernihanmu. Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasad syahidnya di dasarmu. Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik sejatinya, Allah SWT. Berjanjilah padaku, wahai Sungai Aare. Innalilahi wainna illaihi rajiun, Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz.

Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan. Kami sekeluarga sudah kembali ke tanah air dan akan melaksanakan doa bersama bada zuhur dan bada ashar, besok Sabtu bagi yang berkenan di kediaman Gedung Pakuan Bandung. Hatur nuhun. *pencarian jasad Eril akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan."
 

Unggahan Kang Emil ini mendapatkan beragam komentar. Namun mayoritas mendoakan Emmeril Kahn Mumtadz dan memberikan dukungan moril kepada Kang Emil sekeluarga. Satu dari sekian banyak komentar yang datang berasal dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menulis, "Sahabatku Kang Ridwan Kamil. Saya dapat merasakan kepedihan yang sangat. Tak ada ujian yang lebih berat daripada orangtua yang harus kehilangan anaknya.

Saya mendoakan agar Kang @ridwankamil beserta keluarga diberi ketabahan dan kekuatan. Amiin." Di komentar berikutnya, Bamsoet mengirimkan lima ikon menangis.iNewsMadiun
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut