get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Kebijakan Aneh, Joe Biden: Kami Tak Akan Kirim Roket ke Ukraina yang Bisa Jangkau Wilayah Rusia

Selasa, 31 Mei 2022 | 10:10 WIB
header img
Joe Biden menegaskan tak akan mengirim roket ke Ukraina yang bisa menjangkau wilayah Rusia (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNewsMadiun.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan negaranya tak akan mengirim roket ke Ukraina yang bisa menjangkau wilayah Rusia. Pernyataan itu disampaikan Biden setelah muncul laporan media massa bahwa AS akan mengirim sistem roket canggih jarak jauh ke Ukraina untuk melawan Rusia. “Kami tidak akan mengirim sistem roket ke Ukraina (yang bisa menjangkau wilayah Rusia)," kata Biden, dikutip dari Reuters, Senin (30/5/2022).

Beberapa pejabat Ukraina sebelumnya meminta sistem peluncur jarak jauh Multiple Launch Rocket System (MLRS). Senjata ini bisa meluncurkan beberapa roket sekaligus dengan jarak ratusan kilometer. Pada Jumat pekan lalu beberapa media AS melaporkan pemerintahan Biden condong untuk mengirim MLRS dan senjata Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) ke Ukraina. Keduanya dikirim sebagai bagian dari paket bantuan militer AS terbaru untuk Ukraina.

 Namun tidak jelas sistem mana yang dimaksud Biden dalam pernyataannya itu. Pemerintah Ukraina mendesak Barat untuk menyediakan lebih banyak senjata jarak jauh untuk menghadapi agresifnya serangan Rusia di timur. Beberapa negara seperti Jerman, Polandia, serta AS mengirim meriam artileri. iNewsMadiun
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut