get app
inews
Aa Read Next : Kronologis Jatuhnya Pesawat China Eastern Airlines

Pesawat Boeing 737-800 dengan 132 Penumpang Jatuh di Tengxian

Senin, 21 Maret 2022 | 19:09 WIB
header img
Boeing 737-800 Maskapai China Eastern. (Foto: Getty Images)

BEIJING, iNewsMadiun.id –  Pesawat Boeing 737-800 milik China Eastern Airlines yang membawa 132 orang penumpang jatuh di pegunungan di Tengxian, Provinsi Guangxi Senin (21/3/2022). Upaya penyelamatan saat ini masih berlangsung dan belum diketahui berapa banyak yang terluka, atau apakah ada korban jiwa. Demikian dikonfirmasi pejabat China.

Menurut data situs pelacakan penerbangan Flightradar24, pesawat dengan nomor MU5735 itu terbang dari Kunming ke Guangzhou dan hanya mengudara sekira satu jam sebelum hilang dari radar. Pelacakan penerbangan berakhir pada pukul 14:22 waktu setempat pada ketinggian 3.225 kaki dengan kecepatan 376 knot. Pesawat seharusnya mendarat pada pukul 15:05 waktu setempat.

Sejauh ini belum diketahui apa penyebab kecelakaan ini. Catatan keselamatan industri penerbangan China termasuk yang terbaik di dunia selama dekade terakhir. Menurut Aviation Safety Network, kecelakaan jet fatal terakhir China terjadi pada 2010, ketika 44 dari 96 orang di dalamnya tewas ketika jet regional Embraer E-190 yang diterbangkan oleh Henan Airlines jatuh di dekat bandara Yichun dalam visibilitas rendah.

Upaya penyelamatan diluncurkan ke Tengxian, Provinsi Guangxi. Menurut keterangan pihak berwenang, pesawat dengan nomor penerbangan MU5735 itu membawa 132 orang. Media pemerintah China CCTV menyatakan bahwa upaya penyelamatan saat ini sedang berlangsung, Kebakaran di gunung telah dilaporkan terjadi menyusul kecelakaan tersebut.

Rekaman dilaporkan menunjukkan pesawat yang jatuh beredar di media sosial, tetapi kebenarannya belum dikonfirmasi. Menurut situs pelacakan data penerbangan, pesawat nahas itu melakukan perjalanan dari Kunming ke Guangzhou ketika mengalami masalah. Pelacakan penerbangan berakhir pada pukul 14:22 waktu setempat pada ketinggian 3.225 kaki dengan kecepatan 376 knot. Pesawat seharusnya mendarat pada pukul 15:05 waktu setempat.iNews Madiun

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut