get app
inews
Aa Read Next : Tiba di TMP Kalibata, Jenazah Tjahjo Kumolo Disambut Upacara Penghormatan Militer

Arifin Panigoro Dimakamkan di Cirebon bukan di TMP Kalibata

Rabu, 02 Maret 2022 | 11:56 WIB
header img
Arifin Panigoro. dok Sindonews.com

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Jenazah anggota Dewan Pertimbangan Presiden ( Wantimpres ) Arifin Panigoro bakal dikebumikan di makam keluarga di Cirebon, Jawa Barat. Padahal,  jenazah Arifin Panigoro bisa saja dimakamkam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata bersama tokoh-tokoh besar lainnya. 

“Sebenarnya kan Beliau ini punya Bintang Mahaputera, bisa jadi akan dimakamkan di TMP Kalibata. Tapi saya dengar terakhir akan dimakamkan di kawasan pemakaman keluarga di kawasan Cirebon, tapi kita lihat nanti,” kata Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto saat dihubungi MNC Portal, Rabu (2/3/2022).  Sidarto memperkirakan jenazah Arifin Panigoro akan tiba akhir pekan ini, Sabtu atau Minggu. Saat ini pihak keluarga masih mengurus proses administrasi pemberangkatan jenazah di Amerika Serikat.

Arifin Panigoro meninggal dunia di Amerikat Serikat pada Senin (28/2/2022) lalu. Jenazahnya direncanakan tiba di Indonesia pada Sabtu atau Minggu pekan ini.  Arifin Panigoro, pendiri Medco Group, pada tahun 2019 menerima penghargaan Bintang Mahaputra dari Pemerintah Republik Indonesia (RI). Pemberian penghargaan ini berkat jasanya pada negara dalam penyediaan kebutuhan energi untuk ketahanan energi nasional. 

Kesuksesan Arifin Panigoro di dunia bisnis, khususnya perminyakan, tak datang begitu saja. Selain karena kerja keras, Arifin juga memiliki "darah bisnis" dari ayahnya, Jusuf Panigoro. Sang ayah yang berasal dari Gorontalo memutuskan untuk mencari peruntungan ke Pulau Jawa. Jusuf Panigoro berlabuh di Bandung, Jawa Barat. Di kota ini Jusuf Panigoro kemudian berdagang kopiah.

Usaha itu terus berkembang ke berbagai bisnis lain, termasuk agen penjualan barang elektronik. Kemampuan berbisnis itu kemudian diwariskan ke Arifin Panigoro, salah satu dari 11 anak Jusuf Panigoro. Arifin kemudian memulai bisnis pada tahun 1980 dengan mendirikan Medco.

Tahun 1981 Arifin mulai masuk ke dunia perminyakan dengan menggarap proyek jalur pipa perminyakan. Arifin kemudian menerjunkan diri untuk masuk ke dunia pengeboran minyak. Kemampuan Arifin Panigoro mengembangkan bisnis, membuat Medco tak hanya bermain di ranah minyak dan gas, tetapi juga merambah ke berbagai sektor, seperti tekstil dan keuangan.

Tahun 2020 Arifin Panigoro masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Dengan kekayaan Rp7,8 triliun, Arifin menduduki posisi 47.
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut