get app
inews
Aa Read Next : Update Perang Rusia-Ukraina Makin Gawat, Moskow Pasang 2 Rudal Nuklir Yars di Silo

UPDATE Perang Rusia-Ukraina, Adu Klaim Kehancuran. Siapa yang Menang?

Minggu, 27 Februari 2022 | 20:03 WIB
header img
Prajurit Ukraina berdiri dekat kendaraan yang rusak, di lokasi pertempuran dengan pasukan Rusia. (Foto: Reuters)

KIEV, iNewsMadiun.id – UPDATE Perang Rusia-Ukraina. Adu klaim kedua belah pihak keniscayaan dalam perang. Siapa yang menang? Pasukan Rusia dikatakan kehilangan 4.300 prajurit selama invasi ke Ukraina. Menurut Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Malyar, jumlah tersebut masih diklarifikasi. Reuters melansir, Malyar lewat laman Facebook miliknya mengatakan bahwa pasukan Rusia juga kehilangan sekitar 146 tank, 27 pesawat, dan 26 helikopter tempur dalam periode yang sama.

Di lain pihak, Angkatan Bersenjata Rusia mengklaim telah menghancurkan 975 fasilitas militer Ukraina sejak Moskow pertama kali melancarkan serangan ke negara tetangganya tersebut pekan ini. Ratusan objek yang diserang tentara Moskow itu antara lain terdiri atas 23 pos komando dan pusat komunikasi Angkatan Bersenjata Ukraina.  Ada juga tiga pos radar; 31 sistem rudal antipesawat S-300, Buk M-1 dan Osa, serta; 48 stasiun radar. “Delapan pesawat tempur dan tujuh helikopter, 11 kendaraan udara tak berawak, dua rudal taktis Tochka-U juga ditembak jatuh,” kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayjen Igor Konashenkov, Minggu (27/2/2022), seperti dikutip kantor berita Sputnik.

Dia juga mencatat, terdapat 223 tank dan kendaraan lapis baja tempur lainnya, 28 pesawat, 39 peluncur roket ganda, 86 senjata artileri lapangan dan mortir, serta 143 unit kendaraan militer khusus milik Ukraina yang telah dihancurkan.  Akan tetapi, Konashenkov tidak membeberkan berapa jumlah pasukan Ukraina yang gugur dalam pertempuran antara kedua negara bekas Uni Soviet itu sejak Kamis lalu.
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut