get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Simak Baik-baik. Ini Karakter Mahasiswa yang Diinginkan Unpad

Rabu, 23 Februari 2022 | 11:15 WIB
header img
Universitas Padjadjaran (Unpad). (Foto: ilustrasi/Unpad).

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Apakah kamu peserta SNMPTN 2022 yang mendaftar ke Universitas Padjajaran (Unpad)? Jika benar, wajib simak kriteria calon mahasiswa yang akan lolos masuk Unpad melalui SNMPTN 2022.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Arief S Kartasasmita mengatakan, selain melakukan penilaian SNMPTN 2022 berdasarkan prestasi akademik dan indeks sekolah, pihaknya juga memiliki parameter penilaian lain yang ditetapkan.

 “Kami menghargai dan menilai prestasi akademik dan indeks sekolah yang sudah diajukan calon mahasiswa Unpad. Data dari LTMPT kemudian diserahkan kepada kami untuk selanjutnya dinilai berdasarkan kebijakan yang ada di Unpad,” kata Arief dalam gelar wicara ‘Ayo Kenal Unpad Edisi SNMPTN’ dikutip dari laman resmi Unpad, Rabu (23/2/2022).

 Arief memaparkan parameter penilaian yang ditetapkan Unpad, antara lain adalah keberpihakan pada persamaan gender, keberpihakan pada daerah tertinggal. Keberpihakan pada daerah tertinggal tidak hanya mengutamakan pada satu wilayah saja, namun selutuh wilayah tertinggal di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk bisa masuk Unpad. 

“Di seluruh Indonesia masih banyak yang tertinggal dari sisi akses terhadap kualitas pendidikan di sekolahnya,” terang dia. Selain itu, parameter lainnya adalah keberpihakan terhadap calon mahasiswa asal Jawa Barat. Sebagai perguruan tinggi yang lahir dan berkembang di Tanah Sunda, Unpad memiliki visi untuk memajukan Jawa Barat".

Parameter terakhir, Unpad akan melihat kesesuaian nilai akademik di data LTMPT dengan program studi yang dipilih. Kesesuaian ini juga akan melihat data prestasi lain yang dapat menunjang prestasi akademik yang ada. Ia pun menegaskan bahwa Unpad tidak membatasi kuota setiap sekolah dalam jalur SNMPTN. Jumlah peserta yang lolos seleksi murni didasarkan atas data nilai akademik di LTMPT dengan parameter yang disebutkan. “Intinya kami akan nilai seadil mungkin,” tegas dia.

Direktur Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan, seleksi jalur SNMPTN wewenangnya ada di perguruan tinggi masing-masing. Maka dari itu, setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan tersendiri untuk menentukan bagaimana penilaiannya. Untuk SNMPTN 2022, kriteria prestasi yang diakui adalah prestasi di tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional. Setiap pendaftar diperbolehkan memasukkan data prestasi maksimal tiga terbaik.  “Silakan pilih yang nilainya tinggi. Sebutkan level prestasinya apa, juara ke-berapa, dan deskripsinya harus jelas, apakah perorangan atau kelompok,” tutup Budi.iNews Madiun
 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut