get app
inews
Aa Read Next : Tiga Orang Jemaah Calon Haji Meninggal Dunia di Arab Saudi

Naoya Inoue, Kenapa Disebut Petinju Monster dari Jepang?

Kamis, 07 September 2023 | 14:18 WIB
header img
Naoya Inoue, kiri, melayangkan pukulan kepada penantangnya Stephen Fulton di Jepang. Tangkapan layar ESPN, YUICHI YAMAZAKI/AFP via Getty Images

MADIUN, iNewsMadiun.id - Petinju asal Inggris, Paul Butler, berada dalam mode bertahan sepanjang pertarungan. Kedua double cover seolah enggan terbuka. Dia sangat enggan melemparkan pukulan karena takut membuka pertahanannya. Pertandingan sengit itu terjadi pada 13 Desember 2022 di  Ariake Arena, Tokyo, Jepang.

Paul Butler tahu benar sedang berhadapan dengan siapa. ESPN menyebut Naoya Inoue, bukan hanya petinju biasa, tetapi seseorang yang mendapatkan julukan "The Monster" karena kekuatan yang tak terbendung, tangan yang sangat cepat, dan penggunaan sudut pukulan yang luar biasa.

Selama bertahun-tahun, bintang Jepang ini dengan mudah merajai berbagai kelas berat. Rekor 25 pertandingan dengan 22 kemenangan KO, Naoya Inoue telah mengubahnya menjadi sesuatu yang mendekati status mitos. Kembali pada pertandingan Inoue vs Butler. Pada saat itu, Butler petinju yang tangguh. Saat itu, Butler memegang sabuk terakhir yang menjadi penghalang antara dirinya dengan Inoue.  Kejuaraan kelas bantam weight yang tak terbantahkan. Inoue mendominasi pertandingan melawan Butler. 

Meski Butler berada dalam posisi pertahanan rapat sepanjang pertemuan, Inoue masih menemukan cara untuk mengalahkan. Inoue mampu menghentikan Butler bukanlah hal yang mengesankan. Namun, Inoue mencetak rekor (24-0, 21 KO) adalah sangat jarang. Petinju sering kali mengkritik lawan mereka karena "lari" untuk menjelaskan kenapa  tidak bisa memberikan knockout dalam pertarungan yang membosankan. Tapi tidak ada alasan bagi Inoue.

Kemenangan ini mengguncang dunia tinju Amerika dengan tiga kemenangan knockout atas petinju kelas bantamweight 10 besar dari 2018 hingga 2019 di Jepang. Sekarang, Inoue, petinju nomor 2 pound-for-pound versi ESPN, siap untuk tantangan terberatnya, peluang lain bagi legenda-nya untuk tumbuh.

Dalam pertarungannya yang pertama di kelas 122 pon, Inoue akan menantang petinju kelas featherweight junior terbaik, Stephen Fulton dari Philadelphia, untuk gelar dunia WBC dan WBO-nya pada hari Selasa di Tokyo. Pertarungan ini berakhir untuk kemenangan Inoue pada ronde 8. 

Fulton (21-0, 8 KO) adalah bakat pound-for-pound, duduk di luar 10 besar dan secara alami jauh lebih besar dari Inoue (dia memenangkan gelarnya pertama kali di 122 pon). Inoue memenangkan gelarnya pertama kali di 108 pon, dan sejauh ini, bakatnya terbukti terlalu sulit untuk ditembus oleh ukuran."Aku mendorong batas-batas tubuhku, batas-batasku," kata Inoue, 30 tahun, dalam "Camp Life" ESPN.

"Aku benar-benar tidak tahu jenis pertarungan seperti apa ini nantinya. Aku hanya akan melakukan segala yang aku bisa untuk menang. Jika aku mendapat kesempatan, aku akan mencari knockout dan jika tidak, aku akan fokus untuk menjaga tinjuku agar bisa menang."

Seberapa bagus "The Monster" ini? Kami akan melihat apa yang membuat Inoue begitu istimewa menjelang pertarungannya dengan Fulton. Inoue memiliki mata yang jeli. Inoue jarang membuat kesalahan, meskipun dia begitu berorientasi pada serangan. Selama tiga pertandingan pertamanya di 118 pon, Inoue melibas lawan-lawannya.

Pertama, dia mencetak kemenangan TKO putaran pertama yang memukau atas Jamie McDonnell pada Mei 2018 untuk memenangkan gelar kelas bantam. Lima bulan kemudian, Inoue mendominasi petinju kelas bantamweight 10 besar dengan kemenangan KO putaran pertama atas Juan Carlos Payano. Kemenangan terbaiknya di kelas bantam datang dalam pertarungan berikutnya, TKO putaran kedua atas Emmanuel Rodriguez dalam World Boxing Super Series untuk memenangkan gelar 118 pon lainnya.

Selama ketiga pertandingan itu, satu atribut yang mencolok adalah kemampuan pengamatan Inoue. Kemampuannya untuk menghindari pukulan lawan sambil tetap berada dalam posisi yang tepat untuk memanfaatkan peluang adalah apa yang membuatnya berbahaya.

"Inoue memiliki 'mata' yang hebat dengan ketenangan yang memungkinkannya untuk melihat di mana celah dan penempatan yang tepat untuk pukulan tertentu," kata pelatih terkenal Teddy Atlas kepada ESPN. "Keyakinan dan keyakinannya pada dirinya sendiri dengan atribut-atribut ini dan rasa waktu dan penempatan kakinya yang memberinya keseimbangan yang solid untuk memberikan pukulan membuatnya sangat efektif secara offensif".

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut