get app
inews
Aa Read Next : Penampakan Sapi Kurban Milik Presiden Jokowi, Berat 1,15 Ton Disambut Karpet Merah

Wow, Calon Sapi Kurban Jenis Ini Harganya Mencapai Rp64,6 Miliar

Sabtu, 01 Juli 2023 | 22:28 WIB
header img
Sapi ras Nelore di Brasil (Foto: Andrey Camara/Unspalsh/inews.id)

RIO DE JANEIRO, iNewsMadiun.id - Harga seekor sapi ras Nalore asal Brasil mengejutkan. Sapi ini didapuk sebagai sapi termahal dengan nilai 4,3 juta dolar AS atau sekitar Rp64,6 miliar. Sepertiga kepemilikan hewan berusia 4,5 tahun yang diberi nama Viatina-19 FIV Mara Imoveis itu terjual dalam lelang di Arandu, Brasil.

Nilai sepertiga sapi tersebut berpindah tangan dengan harga 6,99 juta real Brasil atau sekitar 1,44 juta dolar AS. Dengan demikian nilai totalnya menjadi 4,3 juta dolar AS. Viatina-19 FIV Mara Imoveis juga dinobatkan sebagai sapi termahal di dunia pada tahun lalu ketika setengah kepemilikannya dilelang dengan harga sekitar 800.000 dolar AS.

Dilansir iNews.id, angka tersebut memecahkan rekor harga sapi saat ini. Transaksi dengan angka memecahkan rekor ini membuktikan kualitas genetik sapi Nelore serta permintaan akan hewan berkualitas tinggi dengan karakteristik genetik luar biasa.

Harga Viatina-19 FIV Mara Imoveis dianggap  tonggak sejarah baru bagi Nelore, jenis sapi sangat dihargai di seluruh dunia karena kualitasnya. Bulu putih cerah, kulit longgar, dan punuk bulat besar di atas bahu, Nelore dikenal karena ketahanannya terhadap cuaca panas.

Bulu putih sapi itu berperan besar dalam hal ini karena memantulkan sebagian besar panjang gelombang cahaya. Selain itu kelenjar keringat mereka dua kali lebih besar dan 30 persen lebih banyak daripada kebanyakan sapi ras Eropa.

Nelore diambil dari nama sebuah distrik di Negara Bagian Andhra Pradesh, India, Nellore. Sapi ini memiliki metabolisme sangat efisien, yang memungkinkan mereka berkembang biak, sekalipun mengonsumsi makanan berkualitas rendah.

Nelore juga bisa melawan sejumlah infeksi parasit serta kulitnya yang keras jauh lebih sulit ditembus serangga penghisap darah. Trah ini juga berkembang biak dengan sangat mudah, karena betinanya memiliki bukaan panggul lebih lebar serta saluran kelahiran lebih besar daripada ras sapi lainnya. Anak sapi Nelore bisa lahir tanpa perlu bantuan manusia.

Laporan Guardian pada 2018 mengungkap, harga sperma sapi jantan Nelore paling mahal bisa mencapai 5.000 dolar AS per dosis atau 0,55 mm.  Brasil merupakan negara yang berhasil membiakkan sapi Nelore, populasinya di negara itu saat ini diperkirakan sekitar 167 juta ekor.


https://www.inews.id/news/internasional/ini-dia-sapi-termahal-di-dunia-harganya-rp64-miliar

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut