get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia 12 Kampung Tematik Kota Madiun, Ada Sport Centre hingga Peceland

Tampang Keji Tetsuya Yamagami Pembunuh Mantan PM Jepang Shinzo Abe dan Senjata yang Dimodifikasi

Jum'at, 08 Juli 2022 | 20:55 WIB
header img
Tampang pelaku penembakan mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, Tetsuya Yamagami. (Tangkapan layar video NHK)

TOKYO, iNewsMadiun.id – Tersangka pelaku penembakan mantan Perdana Menteri JepangShinzo Abe, telah ditangkap polisi. Pria 41 tahun bernama Tetsuya Yamagami itu diamankan dari lokasi kejadian tak lama setelah Abe terkapar.

Video yang dirilis NHK menunjukkan tampang pelaku penembakan Shinzo Abe dan detik-detik penangkapannya. Tampak pelaku yang berkacamata dan bermasker berdiri di dekat sejumlah orang. Dia memakai kaos berkerah, celana kargo dan tas selempang berwarna hitam.

 

Tampang pelaku penembakan mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, Tetsuya Yamagami. (Tangkapan layar video NHK)

Tampang pelaku penembakan mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, Tetsuya Yamagami. (Tangkapan layar video NHK)

Tetsuya Yamagami yang berdiri sambil melipat tangan di dada, sesekali menoleh ke belakang. Di belakangnya sejumlah pria tampak bercakap-cakap dengan latar belakang suara pidato dan keramaian di lokasi.

 

Tidak lama kemudian terdengar suara teriakan orang-orang yang heboh. Tiga pria berjas tampak berusaha menangkap pelaku. 

Video itu juga menunjukkan pistol yang digunakan pelaku menembak Abe di jalan. Sementara sejumlah orang berteriak-teriak dan terdengar suara perempuan bertanya, "apa, apa?"

Petugas keamanan mengamankan pelaku penembakan mantan PM Jepang Shinzo Abe, bernama Tetsuya Yamagami. (Tangkapan layar video NHK)

bertanya, "apa, apa?"

Petugas keamanan mengamankan pelaku penembakan mantan PM Jepang Shinzo Abe, bernama Tetsuya Yamagami. (Tangkapan layar video NHK)

Petugaskeamanan mengamankan pelaku penembakan mantan PM Jepang Shinzo Abe, bernama Tetsuya Yamagami. (Tangkapan layar video NHK)

NHK melaporkan, pria berusia 41 tahun itu telah ditangkap karena diduga mencoba membunuh Shinzo Abe dengan menembaknya dari belakang. Polisi juga menyita pistol yang dipegang tersangka di tempat kejadian.

Saat kejadian, Abe sedang berpidato untuk kampanye pemilihan di Kota Nara. Sejumlah saksi di tempat kejadian mendengar suara seperti letusan pistol dua kali. 

Seorang reporter NHK yang berada di tempat kejadian mengatakan Abe berdarah-darah setelah ditembak. Abe yang ditembak ambruk dan tak sadarkan diri sekitar pukul 11.30 waktu setempat.  

Petugas langsung melarikan Shinzo Abe ke rumah sakit. Pemadam kebakaran mengatakan, Abe tidak menunjukkan tanda-tanda vital. Saat ini, Abe telah dipindahkan ke Rumah Sakit Universitas Medis Nara di Kota Kashihara. 

 

Pistol yang digunakan Tetsuya Yamagami menembak mantan PM Jepang, Shinzo Abe. (Tangkapan layar video NHK)

Senjata yang digunakan Tetsuya Yamagami menembak mantan PM Jepang, Shinzo Abe. (Tangkapan layar video NHK)

PM Jepang Kishida Fumio mengatakan kepada wartawan, mantan perdana menteri Abe Shinzo dalam kondisi serius setelah dia diserang di Kota Nara.

 

Kishida juga mengutuk keras penembakan Shinzo Abe. "Ini adalah tindakan tercela yang terjadi selama periode pemilihan, yang merupakan dasar demokrasi. Ini benar-benar tidak dapat diterima. Saya mengutuk keras tindakan itu," katanya, dikutip dari NHK.

Lokasi penembakan Abe berada di dekat Stasiun Yamatosaidaiji di Kota Nara. Abe yang tercatat sebagai perdana menteri paling lama dalam sejarah Jepang itu berkampanye untuk maju sebagai kandidat Partai Demokrat Liberal sebelum pemilihan majelis tinggi yang dijadwalkan pada hari Minggu nanti. Shinzo Abe dinyatakan meninggal dunia beberapa jam setelah penembakan.iNewsMadiun.

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut