get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi, Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Pengusaha Rusia Beri Hadiah Rp 14 Miliar Bagi yang Berhasil Tangkap Presiden Putin

Jum'at, 04 Maret 2022 | 15:10 WIB
header img
Alex Konanykhin. Foto: Youtube

MOSKOW, iNews.Madiun.id - Pengusaha Rusia Alex Konanykhin menjadi sorotan dunia setelah menawarkan Rp 14 miliar untuk petugas atau siapa saja yang dapat menangkap Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia bahkan menyebut Putin sebagai penjahat perang, sehingga penangkapannya merupakan “tugas moral” yang harus dilakukan oleh aparat atau pihak keamanan sesuai dengan amanat konstitusi Rusia. 

“Saya berjanji untuk membayar 1 juta dolar Amerika Serikat (sekitar Rp14 miliar) kepada petugas yang, sesuai dengan tugas konstitusional mereka, menangkap Putin sebagai penjahat perang di bawah hukum Rusia dan internasional," kata Alex Konanykhin, seperti dikutip.express.co.uk, Kamis (3/3/2022).  Lalu siapakah Alex Konanykhin hingga nekat menentang invasi Rusia ke Ukraina, bahkan menawarkan Rp14 miliar untuk siapapun yang menangkap Putin?  Berikut profil Alex Konanykhin yang dihimpun iNews.id dari berbagai sumber: 

  • Alex Konanykhin adalah mantan bankir yang memulai kariernya dengan mendirikan bank swasta menjelang akhir pemerintahan Uni Soviet yang terpecah. Salah satu negara pecahan Uni Soviet terbesar yang masih meneruskan pemerintahan komunis adalah Rusia
  • Pria kelahiran 25 September 1966 itu, merupakan CEO dari TransparentBusiness, sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi untuk mengurangi korupsi dalam pengadaan publik layanan TI.
  • Pada 1992, Alex Konanykhin membelot ke Amerika Serikat dan menjadi orang pertama yang diberikan suaka politik di Amerika Serikat karena menentang korupsi di Rusia pascaruntuhnya Uni Soviet. 
  • Selain menjadi pengusaha, Alex Konanykhin juga dikenal sebagai penulis buku bebasis badan intelijen dan bisnis. Beberapa buku yang ditulisnya, antara lain "Or how to Succeed in Business Despite Being Hounded by the FBI, the KGB, the INS, the Department of Homeland Security.
  • Alex Konanykhin menyelesaikan pendidikan di Moskovskiy Fiziko-Tekhnicheskiy Institut, kemudian dilanjutkan ke Edinburgh Business School saat dia mengungsi ke Amerika Serikat.  Tak hanya menawarkan uang sebagai hadiah bagi siapa pun yang dapat menangkap Putin, Alex Konanykhin juga menyatakan akan melanjutkan bantuan ke Ukraina untuk menahan serangan gencar tentara Rusia. iNews Madiun
     

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut