get app
inews
Aa Read Next : Viral, Kota Madiun Punya Pondok Lansia Mirip Istana Megah, Begini Penampakannya

Ustadz Khalid Basalamah Minta Maaf dan Bantah Mengharamkan Wayang

Selasa, 15 Februari 2022 | 11:48 WIB
header img
Ustaz Khalid Basalamah (Foto: Ist)

Ustadz Khalid Basalamah akhirnya memberikan pernyataan terbuka dengan viralnya video yang memuat dirinya mengatakan bahwa wayang hukumnya haram dan wajib dimusnahkan. Video yang viral tersebut akhirnya menuai polemik.

Menanggapi viralnya video tersebut, Ustadz Khalid Basalamah melalui akun Instagramnya akhirnya minta maaf dan memberikan klarifikasi. "Pertama, lingkupnya adalah pengajian kami dan jawaban dari da'i muslim kepada penanya muslim," ujar Ustadz Khalid Basalamah dalam unggahan di Instagram miliknya, @khalidbasalamahofficial.

Terkait dengan wayang, dia  menegaskan bahwa pernyataannya tersebut adalah saran secara pribadi kepada pribadi si penanya. Sekali lagi Ustadz Basalamah menyebutkan tidak pernah mengharamkan wayang. “ kami tegaskan pernyataan disitu, jadikan Islam sebagai tradisi, jangan jadikan tradisi sebagai Islam, dan tidak ada kata-kata saya yang mengharamkan wayang,” lanjutnya.

Dalam konteks ini dia menyebutkan bahwa saran ini terkait dengan seorang dalang, dimana tobat si dalang akan sama dengan orang lain.

"Jadi kalau ada orang yang memang tobat, misalnya dia seorang dalang. Kalau dia sudah tobat dan tidak mau lagi melakukan itu, maka mau diapakan? Saya katakan untuk dia individu dimusnahkan, sebatas itu," jelasnya.

Khalid Basalamah kemudian menegaskan dirinya tidak ada niat memusnahkan wayang dari sejarah dan meminta seluruh dalang bertobat. Meski begitu, dirinya meminta maaf lantaran perkataannya menyinggung sejumlah pihak.

"Kalau ada sesuatu yang kita lakukan dan ternyata menyinggung orang lain ada baiknya meminta maaf. Saya pada kesempatan ini menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pihak, tidak terkecuali yang merasa terganggu atau tersinggung dengan jawaban kami," tutupnya.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut