get app
inews
Aa Read Next : Resmi! Pemerintah Alihkan 75,51 % Saham Semen Baturaja ke SIG

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Jatuh ke Tangan China

Selasa, 31 Oktober 2023 | 20:36 WIB
header img
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya bakal digarap China. Foto:dok

JAKARTA, iNewsMadiun.id - Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya jatuh ke China. Penandatanganan joint study antara Indonesia dan China telah disepakati bersama. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, atau Tiko, mengungkapkan bahwa pemerintah telah mencapai kesepakatan dengan China Railway, dan proses studi akan segera dilakukan. "Ini merupakan langkah awal dalam memulai studi proyek ini. Kemarin, kita bersama perwakilan dari China Railway menandatangani kesepakatan untuk melakukan joint study," ujar Tiko saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023).

Rencana pemerintah untuk melanjutkan proyek kereta cepat hingga ke Surabaya muncul setelah mega proyek serupa di sektor transportasi berhasil dibangun, menghubungkan jalur Jakarta-Bandung. Kepastian proyek ini muncul pasca kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke China, di mana beliau mencapai perjanjian kerja sama dengan otoritas China. Keterlibatan China Railway International Group (CRIG) dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya semakin menguatkan posisi perusahaan asing ini dalam bisnis transportasi di Tanah Air.

China Railway juga memiliki saham yang signifikan dalam Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), sebuah perusahaan patungan antara Indonesia dan China yang bertanggung jawab atas operasional Kereta Cepat di dalam negeri. Secara komposisi saham, KCIC sebanyak 60 persen dikuasai oleh konsorsium BUMN atau PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI), sementara 40 persen sisanya dimiliki oleh China Railway International Group.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Madiun di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut