get app
inews
Aa Read Next : Bumi Bagian Utara Bakal Gelap Gulita Selasa (25/10), Ada Fenomena Apa?

Foto Penampakan Gerhana Matahari Hibrida di 5 Wilayah di Indonesia

Kamis, 20 April 2023 | 12:45 WIB
header img
Penampakan Gerhana Matahari Hibrida di Pantai Wambar, Fakfak, Papua (Foto: BMKG)

MADIUN, iNewsMadiun.id - Penampakan gerhana Matahari hibrida yang terjadi di sejumlah wilayah terekam kamera BMKG dan BRIN. Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahaya sampai ke Bumi. Gerhana Matahari Hibrida terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi, tepat segaris sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil dibanding Matahari.

Pada tempat tertentu terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati di Bumi sama dengan Matahari. Oleh karena itu, saat puncak gerhana Matahari tampak seperti cincin, gelap pada bagian tengah dan bersinar terang pada bagian pinggir.  Di sisi lain, Matahari seakan-akan menutupi Bulan.

Disebut Gerhana Matahari hibrida karena terjadi dua tipe gerhana yakni Gerhana Matahari Cincin dan Matahari Total. Gerhana Matahari Hibrida  yang melewati wilayah Indonesia berupa total dan sebagian. Indonesia tidak mengalami Gerhana Matahari Cincin. Begini penampakan Gerhana Matahari Hibrida yang terjadi di sejumlah wilayah, yang dirangkum dari pengamatan BMKG dan juga BRIN Indonesia. 

1. Pantai Ancol, Jakarta

 

2. Jembrana, Pulau Bali

3. Biak, Papua

4. Fakfak, Papua

5. Ternate, Maluku

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut