get app
inews
Aa Read Next : Tiga Orang Jemaah Calon Haji Meninggal Dunia di Arab Saudi

China Temukan Sumber Air di Bulan, Terkandung dalam Bola-Bola Kaca

Rabu, 29 Maret 2023 | 13:51 WIB
header img
Para ilmuwan China mendeteksi air yang terperangkap dalam bola kaca di bulan setelah menganalisis sampel tanah yang dibawa kembali oleh misi Change-5. Foto/Geochimica et Cosmochimica Acta/Space/Live Science

BEIJING, iNewsMadiun.id - Ilmuwan China berhasil meneliti kandungan bola-bola kaca yang dibawa Chang'e-5 dari bulan pada Desember 2020.Sferula kaca kecil ini diteliti di bumi. Yang mengagetkan, bola kaca itu sangat berlimpah sehingga mampu menyimpan hingga 330 miliar ton air di seluruh permukaan bulan. 

Analisis terbaru para ilmuwan China itu diterbitkan jurnal Nature Geoscience pada 28 Maret 2023. Bola kaca ini juga dikenal sebagai kaca benturan atau mikrotektit, terbentuk ketika meteorit menabrak bulan dengan kecepatan puluhan hingga ratusan ribu mil per jam. Benturan ini melontarkan bongkahan kerak bulan ke udara.

Di dalam semburan udara ini, mineral silikat yang dipanaskan sampai suhu cair oleh kekuatan tumbukan bergabung membentuk manik-manik kaca kecil yang ditaburkan di sekitarnya. Tanah bulan mengandung oksigen, yang berarti manik-manik juga demikian. Ketika dipukul dengan atom hidrogen terionisasi (proton) dari angin matahari, oksigen dalam bola cair bereaksi membentuk air yang tersedot ke dalam kapsul silikat.

Seiring waktu, beberapa bola terkubur di bawah partikel debu bulan, yang dikenal sebagai regolith, dan terperangkap di bawah tanah dengan air yang masih ada di dalamnya. Para peneliti mengatakan, pada suhu yang tepat, beberapa manik-manik ini melepaskan air ke atmosfer bulan dan ke permukaannya, bertindak sebagai reservoir yang secara perlahan diisi ulang dari waktu ke waktu.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut